Posted by: sabre | April 13, 2010

Budidaya Kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu tampilannya, namun pemeliharaan kelinci tak semudah kelihatannya, kadangkala kelinci bisa mati mendadak. Dalam membudidayakan kelinci kita memerlukan induk kelinci yang berkualitas untuk mendapatkan anak kelinci yang berkualitas juga.

Kandang kelinci harus disesuaikan dengan ukuran kelinci yang akan di budidayakan, minimal kandang untuk budidaya adalah 50 x 80 x 50 cm. usahakan bagian lantai kandang dari bambu jangan dari kawat, kandang tertutup rapat sehingga tikus tidak bisa masuk.

Perkawinan kelinci dapat dilakukan apabila kelinci jantan sudah berumur 8 bulan lebih dan kelinci betina berumur 6 bulan lebih, untuk betina dapat diketahui masa birahinya dengan melihat alat reproduksinya. apabila kelihatan lebih merah dari biasanya maka betina sudah siap dikawinkan, jangan sampai terlewatkan masa birahinya, apabila terlewatkan maka betinanya akan lebih agresif terhadap jantan.

Satu bulan lamanya betina kelinci mengandung, sebelum memasuki masa kelahirannya minimal tiga hari sebelum melahirkan sipkan bok kayu ukuran 40 x40 x 10 cm sebagai tempat melahirkan.

anak kelinci

Sebelum melahirkan induk kelinci akan membuat sarang pada bok yang sudah disiapkan dengan cara mencabuti sebagian bulu bulunya,biasanya kelinci melahirkan antara 5 sampai 12 ekor, setelah melahirkan induk kelinci akan memakan bali dari anaknya tersebut, maka jangan sampai balinya jatuh kebawah kandang, induknya akan menjadi gelisah karena belum memakan bali dari anaknya. setelah berumur satu bulan anak kelinci dapat dipisahkan dari induknya, induk kelinci istirahatkan  selama satu minggu atau sampai masa birahinya datang kembali.

Faktor yang menyebabkan kematian induk dan anak

1. pemberian  pakan pelet terlalu banyak terhadap induk akan menyebabkan bayi kelinci susah keluar yang mengakibatkan anak dan induk mati.

2. Induk kelinci masih muda / tidak berpengalaman dalam menyusui.

3. Hama tikus dan kucing.

4. Cuaca dingin atau angin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: